POJOK BELANJA

Friday, April 22, 2016

Holy-Day: At Last I Found a Masjid - Korean Central Mosque @Ittaewon - Seoul

Sebagai seorang Muslimah yang datang ke negara non Muslim, kendala yang paling banyak terjadi adalah: Susah Nyari Makanan Halal dan Nyari Mesjid. 
Memang Sholat atau beribadah ga harus pergi ke mesjid sih, tapi berhubung pesan Ibuku yang selalu minta kemanapun aku pergi harus nyari Mesjid (kalau ada), maka Seoul Central Mosque ini aku masukkan ke dalam itineraryku selama di Korsel.

Aku dan Renny sampai di Ittaewon sore hari dengan menggunakan Subway dan dengan kondisi perut Alhamdulillah laper banget. Mungkin karena ga konsen otaknya jadi nyari mesjidnya agak bingung. Padahal sih ada penunjuk arahnya. Tapi karena takut nyasar, mendingan tanya-tanya sama orang sepanjang jalan :-) Untungnya orang-orang yang kita tanya pada baik semua. Semua dengan senang hati ngasih petunjuk, meski kadang pakai bahasa Tarzan. Kamsahamnida ahjummoni -ahjusshi...

Tahukah kamu, Mesjid-nya ada di atas gunung 0.0



Lebih baik bayangin sambil aku ceritain. Jadi kita harus naik...naiik..naiiik...baru bisa nyampe ke mesjidnya. Sebagai orang yang anemia, aku bersyukur banget sebelum pergi udah transfusi dulu *lho... Memang perlu tenaga ekstra buat orang yang biasa jalan di tempat rata haha... 
Sepanjang jalan menuju Mesjid, ada banyaaak banget restoran halal yang aroma masakannya sampe bikin perutku konser hiphop. Tapi karena hari udah sore banget, takut ga keburu sholat Ashar, kita terus ke Mesjid dulu. Dan setelah nafas hampir putus, tibalah kita di halaman Mesjid Seoul yang cantik. Waahhh...lega...
Sementara Renny Sholat (aku lagi dapet hiks), aku duduk di samping pak kusir eh samping mbak-mbak Turki yang teramat jelita (sampe-sampe aku ngiri huhu). Tadinya aku duduk agak jauh karena malu, eh dia nyamperin dan ngajak duduk deket dia karena lebih deket ke tempat heater. Sayangnya ga sempet kenalan, mbak-nya sibuk baca buku, jadi aku takut ganggu... *aku baik ya LOL
Oya, tempat sholat perempuan ini adanya di lantai 3. So, siapkan lagi kakimu hehe...

Di Korea ada sekitar 100 ribu lebih Muslim dan Seoul Central Mosque di Itaewon ini merupakan mesjid pertama yang didirikan di Korea Selatan. Selain sebagai tempat beribadah, Mesjid ini juga menjadi pusat pengkajian, pendidikan dan pengembangan Islam di Korea. Selain itu juga bertanggung jawab untuk sertifikasi halal produk Korea yang diekspor ke negara-negara Islam. Seoul Central Mosque satu-satunya lembaga resmi sertifikasi halal di Korea yang diakui oleh negara-negara Islam. Kalau kamu berkunjung ke Korea pas bulan Ramadhan, mampirlah ke Central Mosque, akan ada festival yang diselenggarakan di mesjid ini.

Selesai Sholat, lanjut selfie-selfie narsis, baru keingetan kalau perut udah mulai vertigo dan kepala udah mulai laper... Kita harus segera turun gunung dan menyelesaikan tugas yang tertunda,,,,MAKAN!
Seperti aku bilang tadi, disini restoran halal banyak banget. Kamu tinggal pilih mau makanan Indonesia kayak gado-gado...ada, mau maknan India yang berkari-kari...ada, mau makanan Turki yang full daging domba...ada, atau penasaran sama makanan khas korea tapi dari kemarin takut nyobain...ada juga. Akhirnya kita pilih yang terakhir. Kan udah jauh-jauh ke korea ya...masa makan gado-gado lagi *tsshhh
Weitts...jangan kalap jangan kalap...! Gara-gara ga makan seharian, begitu nemu tempat halal, pengen ngisi perut buat tiga hari *emang punya tembolok???
Di Indonesia, kalau makan siang bareng temen di Mall, bisa abis sampe 150rebu berdua bertiga. Pas di Itaewon, segitu tuh sendiri weww... yah pesennya aja ga kira-kira sih. Isi perut penuh sesak ampe ke leher, kamerekaan kalo kata orang Sunda mah *jangan ditiru ya. Tapi bersyukur akhirnya bisa makan ramyun tanpa ragu, pajoen, kimchi dan teman-temannya. Enak banget!!!


Oke, sebelum pamit dulu, buat chingdul yang mau maen ke Korea, ada beberapa Mesjid yang bisa lamu kunjungi dan tentu di sekitarnya banyak makanan halal.

1. Seoul Central Mosque - Seoul


2. Musholla di Nami Island dan Petite France - Seoul


3. Masjid Busan
Masjid Busan merupakan masjid kedua yang didirikan di Korea Selatan. Dibangun pada tahun 1980, dengan dukungan dana dari Ali Fellaq, mantan Menteri Keuangan Libya. Masjid ini berada di 30-1 Namsan-dong Keumjeong-ku, Busan.








4. Masjid Gwangju
Masjid Gwangju merupakan Masjid ketiga yang dibangun di Korea. Terletak di Yeok-dong 48-9, Gwangju, Gyeonggi-do. Masjid Gwangju dibuka pada tahun 1981.

5. Masjid Jeolla-do/Jeonju

6. Masjid Ansan
Masjid ini berada di 741-5, Wongok-dong, Danwon-gu, Ansan-si, Gyeonggi-do.

7. Masjid Anyang
Masjid ini beralamat di 618-132, Anyang 5-dong, Anyang-si, Gyeonggi-do.

8. Masjid Bupyeong
Masjid ini beralamat di 574-19, Sipjeong-dong, Bupyeong-gu, Incheon.

9. Masjid Gyeonggi / Paju
Masjid ini beralamat di 421-9, Yeongtae-ri, Wonreung-myeon, Paju-si, Gyeonggi-do.



Have a nice Trip!

Nyari kosmetik korea? Mampir ke SINI ya!

No comments:

Post a Comment