POJOK BELANJA

Friday, April 1, 2016

Justice League: Kenalan sama Superheroes DC Comic

DC Comic adalah salah satu penerbit komik terbesar di Amerika. Kita mengenal banyak Superheroes yang lahir dari DC seperti yang tegabung dalam Justice League: Superman, Batman, the Flash, Wonder Woman, Aquaman, the Martian Manhunter dan Green Lantern. Selain di Justice League ada juga yang tergabung di Justice Society of America dan Teen Titans.

Yuk, kita kenalan sama para pendirinya Justice League dulu
1. Batman
Dikenal sebagai Dark Knight karena aksi-aksi heroik-nya yang ia lakukan hanya pada malam hari. Selain itu juga kostum yang ia gunakan semuanya serba gelap.
Pada siang hari, ia adalah Bruce Wayne, seorang milyuner di kota Gotham, pemilik Wayne Enterprise yang terkenal sosialis, dermawan dan playboy.
Semasa kecil, Bruce harus menyaksikan kematian orang-tuanya (Thomas & Martha Wayne) yang ditembak oleh seorang jambret. Sejak itu ia bersumpah untuk memerangi kejahatan di Gotham City, Amerika. Penampakan kelelewar menginspirasinya untuk menciptakan kostum seperti kelelewar. Dibantu oleh pelayan setianya Alfred Pennyworth dan terkadang Robin, Batman beraksi membersihkan penjahat yang mengganggu ketenangan Gotham City.
Tidak seperti superhero yang lain, Batman tidak memiliki kekuatan super. Sebagai gantinya ia memiliki pengetahuan yang luas di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Batman memiliki kondisi fisik di atas manusia normal. Ia tangkas dalam berbagai hal akrobatik dan ahli dalam meloloskan diri. Kecerdasan yang tiada bandingnya, ia seorang ilmuwan, insinyur, ahli kriminologi, taktisian terhebat, ahli dalam hal penyamaran, dan sering mengumpulkan informasi di bawah identitas Matches Malone. Dia dihormati sebagai salah satu detektif terhebat dalam DC Universe daripada perkelahiannya dengan musuh-musuhnya. Batman sering menggunakan kecerdikan dan perencanaan untuk memperdayai musuh-musuhnya. Dalam cerita Justice League of America yang dibuat oleh Grant Morrison, Superman menjelaskan bahwa Batman adalah pria paling berbahaya di dunia karena dapat mengalahkan sekelompok makhluk asing yang berkekuatan super hanya seorang diri dalam menyelamatkan sahabatnya yang sedang ditawan. (wikipedia)


Biography lainnya:
Species: Manusia
Status: Lajang
Usia: sekitar 40-55 tahun
Tinggi: 6'2" (188,976 cm)
Berat: 160 pond
Mata biru, rambut hitam

Sidekick: Robin I (Dick Grayson) nantinya ganti nama menjadi Nightwing, Robin II (Jason Todd) terbunuh tapi kemudian hidup lagi dan jadi penjahat dengan nama Red Hood, Robin III (Tim Drake) lebih dikenal sebagai Red Robin, Robin IV (Stephanie Brown) kemudian menjadi Batgirl, Robin V (Damien Wayne - anak biologis dari Talia A' Ghul) terbunuh di tahun 2000-an, Bluebird (Harper Row)
Musuh: Joker, Catwoman, the Penguin, Two-Face, the Riddler, Scarecrow, Mister Freeze, Poison Ivy, Ra's Al Ghul, Bane, dan lain-lainnya.



2. Superman

Lahir dengan nama Kal-El di planet Krypton. Sesaat sebelum planet itu meledak, ayahnya yang seorang scientist bernama Jor-El, meluncurkannya dalam sebuah roket menuju bumi. Roket tersebut jatuh di sebuah tanah pertanian milik Jonathan & Martha Kent. Dia kemudian diadopsi dan diberi nama Clark Joseph Kent.
Saat dewasa, Clark pindah ke Metropolis dan bekerja sebagai reporter di Daily Planet. Saat itu dia sudah tahu kemampuan supernya, dan sudah sering menggunakannya untuk menolong orang lain.

Meskipun memiliki kekuatan super yang luar biasa, dalam kehidupan sehari-harinya Superman sangat pemalu, terkadang kikuk, ramah dan baik hati. Batman pernah mengeluh bahwa seharusnya Superman memiliki kemampuan Leadership agar seimbang dengan kemampuan superhumannya.
Superman pernah memiliki love interest dengan beberapa wanita seperti Lana Lang (pacar masa remajanya), Lori Lemaris (pacar masa kuliah - the Mermaid) dan Lois Lane (pasangannya hingga kini). Merhatiin ga? Semuanya punya inisial "LL" lho... Bukan cuma itu aja, ada juga musuh Superman Lex Luthor, si Supergirl - keponakannya Superman Linda Lee, dan adik Lois Lane - si Superwoman Lucy Lane. 

Mau tahu kekuatannya Superman itu apa aja? Superman memiliki kekuatan, kecepatan, pendengaran, penciuman, daya tahan dan daya hidup lebih dari manusia normal. Selain itu Superman bisa terbang, memiliki penglihatan panas, bisa mengeluarkan napas es, bisa melihat tembus pandang, melihat dari jarak yang sangat jauh dan memiliki penglihatan X-ray.
Kelemahan Superman adalah jika ia terpapar radiasi Kryptonite hijau. Dia akan merasa kesakitan dan lemah, jika terus-terusan terpapar, bisa membuatnya terbunuh.
Beberapa musuh utamanya adalah Lex Luthor, Ultra Humanite, Mister Mxyzptlk, Brainiac, Doomsday, Bizzaro dan General Zod.
Intermezo: julukan Superman itu dulu sebenarnya digunakan untuk seorang penjahat berkepala plontos yang sekarang kita kenal sebagai Lex Luthor.

3. Wonder Woman

Wonder Woman bernama asli Princess Diana of Themyscira. Dia adalah seorang Demigod alias setengah dewa seperti Hercules dan Percy Jones. Diana adalah putri Zeus dengan Ratu Amazon Hippolyte. "Beautiful as Aphrodite, wise as Athena, swifter than Hermes, and stronger than Hercules" adalah penggambaran Diana. Sebagai putri seorang dewa, dia dianugerahi banyak kelebihan seperti: superhuman (kekuatan, kecepatan, daya tahan, daya hidup dan refleks yang melebihi manusia normal), mampu terbang, ahli bela diri, telepati, bisa berpindah tempat/ astral, memiliki napas super dan bisa berkomunikasi dengan hampir semua bahasa.
Awal karirnya sebagai Wonder Woman adalah ketika ia memutuskan untuk meninggalkan Tropical Island menuju kota yang dipenuhi kaca dan baja. Suatu hari sebuah pesawat terjatuh di  Tropical Island dan Kapten Steve Trevor ditemukan dalam keadan terluka parah. Diana merawatnya sampai sembuh dan jatuh hati padanya. Ratu Amazon Hippolyte mengadakan sayembara untuk memilih siapa wanita terbaik di Amazon. Pemenangnya berhak mengantarkan Kapten Trevor kembali ke dunianya. Diana yang dilarang untuk ikut sayembara, diam-diam ikut dengan cara menyamar. Dan dia memenangkan sayembara tersebut. Diana berhasil mengantar Kapten Trevor kembali ke Amerika, dan Diana dianugerahi ibunya sebuah kostum Wonder Woman.
Pertama kali datang di Amerika, Diana bertemu dengan seorang perawat yang sedang galau karena ingin pergi menyusul kekasihnya ke Amerika Selatan tapi ga punya ongkos. Diana mau memberikan uang dengan syarat perawat itu menghibahkan idenitasnya untuk dipakai oleh Diana. Kebetulan nama perawat itu Diana Prince, jadi mirip dengan nama Diana sendiri. Namun seiring waktu kemudian, Diana mengembangkan sebuah rumah mode yang membuatnya menjadi kaya raya.
Senjata yang ia gunakan adalah pemberian para dewa seperti:
- Laso Kejujuran dari dewi Hestia, membuat lawannya tidak bisa berbohong dan juga bisa membuat lawannya menurut pada perintahnya.
- Bulletproof bracelet dari Athena. Gelang yang secara otomatis melindungi Wonder Woman dari serangan senjata. Gelang tersebut juga bisa mengeluarkan kilat seperti kilat Zeus, dan juga bisa mengeluarkan senjata seperti pedang, busur, pisau dll.

4. The Flash 


Yang akan kita bahas adalah tokoh The Flash kedua yang akan muncul di film DC yaitu Barry Allen. Lahir pada 8 Oktober dari pasangan Henry dan Nora Allen. Barry bekerja sebagai petugas forensik di kepolisian Central City, Amerika. Awalnya Barry dikenal sebagai orang yang sangat lambat, namun suatu hari sebuah petir menghancurkan lab-nya dan membuatnya tersiram berbagai bahan kimia. Setelah itu tiba-tiba Barry bisa berlari sangat cepat sampai-sampai tidak bisa terdeteksi oleh CCTV kapan pindahnya.
Ira West, profesornya Barry di universitas dan juga ayah adopsi dari pacar Barry, Irish West, menciptakan sebuah kostum berwarna merah dengan logo petir di dadanya. Dia juga menciptakan sebuah cincin yang bisa menyimpan kostum tersebut jika tidak dipakai.
Selain bisa berpindah tempat dengan cepat, Barry sebagai The Flash juga bisa melakukan perjalanan waktu (time travel).

Saat bumi diserang makhluk asing, Barry bergabung dengan 6 Superhero lainnya dan membentuk Justice League.
Barry pernah tertarik pada sesama Superhero seperti Black Canary dan Zatana, namun akhirnya menyadari bahwa cinta sejatinya adalah Irish West. Dia kemudian menikahinya. Darinya Barry memliki 2 anak kembar yang memiliki kemampuan Speedster seperti dirinya. Kelak keduanya dijuluki Tornado Twin.
Selain Barry ada beberapa tokoh lagi yang juga menjadi The Flash seperti Jay Garrick (The Flash pertama), Wally West (sepupu Irish dari Earth Prime), Bart Allen (salah satu anak kembarnya). Dari semua Flash, Barry memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki Flash lain. Barry adalah The Flash yang tercepat, kecepatannya 10 kali kecepatan cahaya. Memiliki kekuatan getar (Vibrate) sehingga bisa berlari menembus dinding tebal dan dimensi waktu. Bisa mengatur semua molekul di tubuhnya sehingga bisa menyembuhkan diri. Dia kebal terhadap telepati ataupun kontrol pikiran yang dilakukan oleh lawan. Bisa menangkis peluru atau cahaya dan membelokkannya hanya dengan kekuatan pikiran.
Musuh bebuyutannya adalah Dr. Zoom. Dalam salah satu kisah, dr Zoom berhasil membunuh Irish West.

5. Aquaman


Aquaman adalah seorang Athlantean dan penguasa Atlantis. Putra dari Ratu Atlanna dan seorang penyihir misterius, Atlan. Lahir di kota Poseidonis dengan nama Orin tapi kemudian menjadi Arthur Curry. Ceritanya, waktu masih bayi, dia dibuang ke sebuah karang hanya karena rambutnya berwarna blonde. Menurut mitos rambut blonde adalah pembawa sial. Bayi tersebut kemudian ditemukan oleh seorang penjaga mercusuar bernama Arthur Curry yang menamainya dengan nama yang sama (Versi ceritanya ada banyak, ini salah satu vesinya).
Arthur sering pergi ke dasar laut untuk menghindari pertemuan dengan manusia. Suatu hari dia menemukan kota Poseidonis lalu tertangkap oleh pengawal kerajaan yang saat itu dikuasai seorang diktator. Ia dijebloskan ke penjara dan bertemu dengan Vulka yang mengajarinya bahasa dan cara-cara menjadi seorang Athlantean. Setelah berhasil meloloskan diri, tidak berapa lama kemudian ia merebut kembali Poseidon dan menjadi Raja.
Biography lainnya:
- Nama lengkap: Arthur Joseph Curry
- Nama isteri : Mera (Alien Amphibi)
- Sidekick: Aqualad dan Aquagirl
- Kemampuan yang dimiliki: Kekuatan Superhuman (bisa bernafas dalam air, mampu berenang seperti roket, panjang umur, bisa menyembuhkan diri sendiri, bisa telepati kepada semua makhluk laut, mampu menerima gelombang sonar, dapat melihat di tempat gelap, dll).
- Musuh utama: Ocean Master, Black Manta, Fisherman, the Scavenger, O.G.R.E

6. Green Lantern


Tokoh Green Lantern yang pertama, Alan Scott diciptakan pada tahun 1940, awalnya tokoh ini hanya superhero seperti layaknya Superman yang memerangi kriminal di kota New York. Senjatanya berupa cncin hijau yang ia buat dari batu meteor dan memberikannya berbagai kekuatan. Akhirnya tokoh ini pun dihentikan seiring menurunnya popularitas Superhero.

Pada tahun 1959, Tokoh Green Lantern dihidupkan kembali dengan Hal Jordan sebagai tokoh central. Ia adalah anggota dari Pasukan Green Lantern yang tugasnya menegakkan hukum antar galaxi. Anggota Green Lantern lainnya yang juga cukup terkenal antara lain  Guy Gardner, John Stewart, Kyle Rayner, dan Simon Baz.
Semua anggota Green Lantern memakai cincin berwarna hijau yang merupakan senjata mereka. Cincin ini bisa membuat mereka memiliki kemampuan terbang, bisa menciptakan benda-benda atau senjata-senjata dengan kekuatan telekinesis. Bendanya bisa apa saja seperti: sebuah bogem (kepalan tinju) tanpa tubuh, pedang untuk memotong tali, batu untuk melempar, perisai untuk memblokir serangan lawan atau apa saja. Yang pasti semua benda itu pasti berwarna HIJAU.
Selain itu si pemakai cincin ini bisa berpindah tempat dengan sangat cepat, sehingga memungkinkan mereka berpatroli mengelilingi alam semesta (kok kayak malaikat hehehe). Pemakainya bisa hidup di manapun termasuk di luar angkasa, ga perlu minum, makan, bobo maupun maaf...ke belakang. Cincin tersebut mampu menerjemahkan semua bahasa di jagat raya, bisa menjadi radar/ pendeteksi, dan juga bisa jadi saingannya mbah google karena dia bisa tahu semua ilmu di alam semesta weww...

7. The Martian Manhunter



The Martian Manhunter atau J'onn J'onzz adalah makhluk Mars berkulit hijau yang tersedot ke bumi oleh mesin ciptaan Dr. Saul Erdel. Naas, saat hendak mengembalikan Martian, mesin tersebut meledak dan menewaskan Dr. Erdel.
Akhirnya Martian bergabung dengan Batman dan Superman di Justice League sebagai anggota ke-7. Seperti superhero lainnya, Martian memiliki kekuatan super seperti bisa terbang, bisa berubah besar tubuhnya, bisa telepati, telekinesis, bisa melihat dari jauh, dan bisa mendengar orang bisik-bisik O.O! Mirip banget sama Superman. Kalau Superman kelemahannya adalah Kryptonite, kalau Martian kelemahannya adalah api. CMIIW


Next Member: Cyborg



Cyborg awalnya adalah anggota dari grup Superhero remaja bernama Teen Titan bersama Robin dan Supergirl. Tapi kemudian juga tergabung dalam Justice League.

Victor Stone adalah anak dari Silas Stone and Elinore Stone, pasangan ilmuwan yang menjadikan Vic sebagai objek percobaan mereka untuk project peningkatan intelegensi (biar jadi super genius). Suatu hari saat si Vic ini mengunjungi orang tuanya di lab S.T.A.R (labnya buat superhero), sesosok monster keluar dari mesin antar dimensi dan membunuh Elinore. Kemudian makhluk itu juga menyerang Victor dengan brutal sehingga badan Victor tercerai berai. Meskipun akhirnya dokter Silas bisa menngembalikan monster tersebut ke dunianya, Vic sudah terlanjur sekarat. Untuk menyelamatkannya, dr Silas menyatukan tubuh Vic dan menambalnya menggunakan bahan-bahan prosthetics.
Ketika siuman, Vic kaget melihat hampir seluruh tubuh dan wajahnya tertutup logam. Awalnya dia ga terima dan ingin mati saja (lagu kali...) Tapi akhirnya dia bisa menerima keadaannya.
Sebagian besar tubuh Vic ditanam alat-alat mekanik canggih yang membuat dia menjadi Superhuman. Dia bisa terbang, punya stamina yang super, kecepatan super, punya mata yang bisa mereplika gambar, sistem komputer di tubuhnya bisa tersambung dengan komputer luar, tubuhnya juga dilengkapi dengan berbagai senjata. Senjata andalannya adalah "Sonic Cannon". Vic bisa mengeluarkan suara yang kerasnya cukup untuk membuat batu sebesar gedung hancur luluh.
Selain tubuh robotic-nya, Vic juga genius. IQ-nya tercatat 170.
Ayah Vic mendesign agar tubuh Vic bisa meregenerasi sendiri. Jadi kalo ada spare partnya yang usang, bisa jadi baru lagi. Ga perlu masuk bengkel jadinya hahaha...

Okeyyy....itu dia anggota Justice League. Tujuh jumlahnya. Si Vic alias Cyborg masuk ke Justice League menggantikan Martian Manhunter yang pulang kampung ke planet New Mars.
Selesai janjiku ya... Kalau yang suka Superheronya Marvel, nanti kita ngobrol lagi deh.
Bye bye...

***

No comments:

Post a Comment