POJOK BELANJA

Thursday, May 12, 2016

Malaikat-malaikat dalam Islam

Apakah kamu penyuka Fairytales sama seperti aku? Kamu pasti hapal sosok peri yang banyak digambarkan sebagai makhluk bersayap yang memiliki kekuatan sihir. Contoh umum di film-film Disney adalah seperti Tinker Bell atau Fairy Godmother-nya Cinderella dan Sleeping Beauty.
Atau apakah kamu juga penyuka makhluk mitologi? Lagi-lagi sama seperti aku. Kamu pasti kenal dengan dewa-dewinya orang Yunani, Romawi, India, Cina, Indonesia dan Nordik? Seperti dewa Zeus, dewi Athena, dewa Shiwa, Nawangwulan atau yang lagi ngetrend sekarang... princess Diana (wonderwoman) yang merupakan dewi-nya orang Amazon dan Thor, dewa Gunturnya orang Nordik.

Tapi, kalau aku tanya kamu tahu ga nama-nama Malaikat dalam Islam (untuk yang Muslim)? Mungkin sebagian ada yang lupa ya. Padahal mereka termasuk makhluk yang harus kita imani karena merupakan salah satu dari rukun iman.
Siapa atau apakah Malaikat itu? Yaitu makhluk yang diciptakan Alloh dari Nuur (cahaya). Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa karena Alloh tidak memberikan mereka nafsu. Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya. Walaupun manusia tidak dapat melihat malaikat tetapi jika Allah berkehendak maka malaikat dapat dilihat oleh manusia, yang biasanya terjadi pada para Nabi dan Rasul. Malaikat selalu menampakan diri dalam wujud laki-laki kepada para nabi dan rasul.


Wujud Malaikat


“ Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Faathir 35:1) ”

Demikian wujud malaikat dalam Al-Quran. Mereka makhluk yang sangat cantik dan memiliki sayap 2,3,4 dan yang lebih dari itu. Dalam beberapa hadits dikatakan bahwa Jibril memiliki 600 sayap, Israfil memiliki 1200 sayap, dimana satu sayapnya menyamai 600 sayap Jibril dan yang terakhir dikatakan bahwa Hamalat al-'Arsy memiliki 2400 sayap dimana satu sayapnya menyamai 1200 sayap Israfil.


Tugas Malaikat
Seperti dalam ayat tadi, tugas malaikat adalah mengurusi berbagai macam urusan. Ada yang mengurusi bumi, langit, rejeki, awan-hujan, orang hidup, orang mati, penyampai pesan dan banyak lagi. Mungkin seperti juga aku, kamu pasti berpikir kok jadi mirip dewa ya? Ya, memang. Tapi berbeda dengan anggapan mitologi yang menganggap dewa memiliki kekuatan dengan sendirinya. Kita harus percaya bahwa malaikat memiliki kemampuan mengurus sesuatu yang ditugaskan Alloh semata. Jadi bukan makhluk yang harus disembah, karena kemampuan mereka adalah karena atas izin Alloh.
“Sebenarnya (malaikat-malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan, mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya.”
(QS. Al-Anbiyaa': 26-27)



10 Malaikat Yang Wajib kita ketahui

- Jibril
Malaikat penyampai pesan/ wahyu kepada para Nabi & Rasul dan mengajarkannya. Selain itu malaikat Jibril juga bertugas: Memberi kekuatan kepada orang beriman yang memiliki sifat wala' dan bara', Menyampaikan kepada penduduk langit bahwa Allah mencintai atau membenci seorang hamba, Malaikat jibril turun ke bumi untuk menghadiri setiap orang mukmin yang meninggal dalam keadaan suci dari hadats, Menjaga kota Madinah ketikaperistiwa munculnya Dajjal, Turun pada malam lailatul qodar (setiap tahun) dan memberikan salam kepada kaum muslimin.

- Mikail Bertugas membagikan rejeki kepada semua makhluk.

- Israfil adalah peniup sangkakala pertanda bahwa kiamat sudah datang.

- Munkar dan Nakir akan menanyai amal perbuatan kita saat kita di alam barzakh.

- Malaikat Maut sesuai namanya adalah malaikat pencabut nyawa. Mereka terbagi dua golongan. Ada yang mecabut nyawa dengan lembut dan ada yang mencabut nyawa dengan keras. Tentu yang akan menghampiri kita sesuai dengan amal perbuatan kita. Oya, kita sering diberitahu bahwa nama malaikat maut adalah Izrail, tapi nama itu sebenarnya tidak ada baik dalam Al-Quran maupun Hadist. Yang ada hanya Malakh-al Maut.

- Ridwan adalah malaikat yang menjaga pintu syurga.

- Malik adalah pemimpin malaikat Zabaniah dan penjaga neraka.

- Raqib bertugas mencatat semua amal baik kita.

- Atid bertugas mencatat semua amal buruk kita.


Nama Malaikat Lainnya yang tercatat di Al-Quran dan Hadist

- Zabaniah. Adalah 19 malaikat penyiksa di neraka yang sangat bengis dan kasar. Mereka tidak diberi rasa belas kasihan sedikit pun.

- Hamalat Al’ Arsy, yaitu 4 malaikat pembawa Arsy Allah SWT saat ini dan pada hari kiamat akan ditambah jumlahnya menjadi 8.

- Harut Dan Marut. Mereka adalah dua malaikat yang dijadikan manusia dan diuji oleh Allah SWT. Mereka turun di negeri Babil.

As-Sijilli.  Malaikat yang memberitahukan kepada Harut dan Marut tentang makhluk yang pernah membuat kerusakan dan pertumpahan darah dibumi.

- Dar’dail, malaikat yang bertugas mencari manusia yang berdoa, bertaubat dan lainnya pada bulan ramadhan.

- Hafadzah (malaikat penjaga)
  • Kiraman Katibin, adalah 2 malaikat yang berada  di bahu kanan dan kiri semua makhluk-Nya Bertugas mencatat & menyampaikan catatan mulia jin dan manusia.
  • Mu’aqqibat, malaikat yang bertugas memelihara dan menjaga manusia dari kematian sampai waktu yang telah ditetapkan yang datang silih berganti.
- Qarin adalah Malaikat pendamping manusia dari lahir hingga ajalnya, bertugas membisikkan hal-hal kebenaran dan kebaikan.

- Arham bertugas untuk meniupkan ruh, menetapkan rezeki, ajal, keberuntungan dan lainnya pada 4 bulan kehamilan.

- Jundallah. Mereka adalah para malaikat perang yang bertugas  membantu nabi dalam peperangan.

- Ad-Dam’u. Malaikat yang selalu menangis jika melihat kesalahan manusia.

- An-Nuqmah. Malaikat yang selalu berurusan dengan unsur api dan duduk di singgasana berupa nyala api. Dia memiliki wajah kuning tembaga.

- Azh-Zhil. Malaikat yang mendampingi Nabi Ibrahim ketika berada di kobaran api.

- Ahlul Adli. Malaikat yang memiliki ukuran besar melebihi ukuran bumi beserta isinya dan dia memiliki 70 ribu kepala.

- Malaikat Berbadan Api Dan Salju. Malaikat yang memiliki ukuran besar dengan tubuh setengah api dan setengah salju serta dikelilingi oleh pasukan malaikat yang tidak pernah berhenti berdzikir.

- Ar-Ra'd. Malaikat Pengurus Hujan, yang bertugas mengurus hujan menurut kehendak allah.swt. Mereka mengatur awan dan hujan dengan cambuk petir.

- Malaikat Penjaga Matahari, Adalah 9 malaikat yang bertugas menghujani matahari dengan salju.

- Malaikat Rahmat. Bertugas sebagai penyebar keberkahan, rahmat, permohonan ampun dan pembawa roh orang-orang saleh, ia datang bersama malaikat maut dan malaikat azab.

- Malaikat Azab. Bertugas sebagai pembawa roh orang-orang kafir, zalim, munafik. Ia datang bersama malaikat rahmat dan malaikat maut.

- Malaikat Pembeda Haq Dan Bathil, Adalah malaikat yang bertugas membedakan antara tindakan yang benar dan salah kepada manusia.

- Malaikat Penentram Hati. Bertugas meneguhkan pendirian seorang mukmin.

- Malaikat Penjaga Pegunungan

- Malaikat Pelindung dan pemberi dukungan orang beriman. Para malaikat yang menjadi pelindung orang-orang beriman ketika hidup didunia dan akherat, dan ketika orang beriman itu dalam keadaan sekarat, mereka akan memberikan dukungan.

- Malaikat Penjaga 7 Pintu Langit. Mereka diciptakan oleh ALLAH SWT sebelum langit dan bumi ada.

- Malaikat Pemberi Salam Ahli Surga.

- Malaikat Pemohon Ampun Untuk Orang Beriman. Mereka berada disekeliling Arsy dan selalu memohonkan ampunan bagi kaum yang beriman.

- Malaikat Pemohon Ampun Bagi Manusia Dibumi. Para malaikat ini senantiasa bertasbih memuji Allah SWT dan memohonkan ampun bagi manusia-manusia dibumi.

- Malaikat Pengatur urusan dunia.

- Malaikat Pendengar bacaan Qur'an manusia. Mereka mendengarkan dan menelan bacaan Qur'an ketika manusia salat.

- Malaikat Pendo'a orang yang berinfaq dan orang kikir. Para malaikat ini berdoa setiap pagi dan sore untuk orang yang berinfaq dengan doa kebaikan. Dan dengan doa kehancuran untuk orang yang kikir.

- Malaikat Pendamping Malaikat Maut, Berjumlah 70.000, mereka datang mendampingi dan ikut mendoakan apabila malaikat maut hendak mencabut nyawa orang-orang mukmin.


Apakah Fallen Angel itu ada
Islam tidak mengenal istilah "Malaikat Yang Terjatuh" (Fallen Angel/ Lucifer).
Azazil yang kemudian mendapatkan julukan Iblis, adalah nenek moyang Jin, seperti Adam nenek moyang Manusia. 
Jin adalah makhluk yang dicipta oleh Allah dari 'api yang tidak berasap', sedang malaikat dicipta dari cahaya.


Sifat-sifat malaikat yang diyakini oleh umat Islam
  • Selalu bertasbih siang dan malam tidak pernah berhenti.
  • Suci dari sifat-sifat manusia dan jin, seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda, berdebat, dan lainnya.
  • Selalu takut dan taat kepada Allah.
  • Tidak pernah maksiat dan selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkan-Nya.
  • Mempunyai sifat malu.
  • Bisa terganggu dengan bau tidak sedap, anjing dan patung.
  • Tidak makan dan minum.
  • Mampu mengubah wujudnya.
  • Memiliki kekuatan dan kecepatan cahaya.

Siapa sih Orang-orang yang didoakan oleh Malaikat
  • Orang yang tidur dalam keadaan bersuci / berwudhu
  • Orang yang sedang duduk menunggu waktu shalat
  • Jamaah yang berada di shaf terdepan saat shalat berjamaah.
  • Orang-orang yang menyambung shaf saat shalat berjamaah (tidak membiarkan ada kekosongan dalam shaf)
  • Saat kita mengucapkan Aamiin ketika imam selesai Fatihah, maka para malaikat ikut meng-aamiinkan
  • Orang yang duduk di tempat shalatnya setelah selesai shalat
  • Orang-orang yang shalat Subuh dan Ashar berjamaah
  • Orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya
  • Orang-orang yang berinfaq
  • Orang-orang yang menjenguk orang sakit
  • Orang yang sedang makan sahur
  • Orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.

Mau rumah kita selalu dikunjungi malaikat Rahmat dan Mikail? Malaikat ogah lho masuk ke rumah seperti ini:
  • Tempat yang di dalamnya terdapat anjing, (kecuali anjing untuk kepentingan penjagaan keamanan, pertanian dan berburu);
  • Tempat yang terdapat patung (gambar);
  • Tempat yang di dalamnya ada seseorang muslim yang mengacungkan senjata terhadap saudaranya sesama muslim;
  • Tempat yang memiliki bau tidak sedap atau menyengat.
***
Semoga Alloh SWT mengampuniku kalau ada kekeliruan. Saya bukan ustadz atau ahli agama. Tulisan ini hanya berusaha untuk mengingatkan diri sendiri. Mudah-mudahan bermanfaat juga bagi yang membaca. aamiin

Sumber:
http://agunkzscreamo.blogspot.com/2013/05/nama-nama-malaikat-dan-tugasnya-menurut.html#.VzWYwvk97IX
https://www.beritasepuluh.com/2014/04/30/44-nama-dan-tugas-malaikat-di-dunia/


No comments:

Post a Comment