POJOK BELANJA

Sunday, May 8, 2016

Superheroes Indonesia yang pengen aku lihat filmnya di Disney

Lihat film-film di bioskop yang marak dengan genre Superhero seperti The Avengers, Fantastic Four, X-Man, Justice League, The Lantern Corps, Star Wars dengan Jedi-nya, Guardian Galaxy sampai cerita dongeng seperti Snow white versi baru (the winters war), dan animasi seperti Kungfu Panda, jadi kebayang kalau seandainya Indonesia bikin juga film heroes dan heroines seperti itu. Dengan efek super canggih, serius bukan komedi, gak lebay juga dan bisa go internasional. Mimpi ga ya.... Mudah-mudahan nggak sih. Ada yang tiba-tiba ngasih modal gede buat salah satu rumah produksi di Indonesia atau tiba-tiba Disney dan WB rebutan pengen bikin film hero indonesia. Wah senengnya!

Andai ya...andai. Suatu hari ada yang mo bikin film heroes Indonesia, sepertinya nama-nama di bawah ini patut dicoba. Mereka kan dah wara-wiri di dunia dongeng atau sejarah meskipun anak zaman sekarang mungkin banyak yang ga kenal. Tinggal kasih sentuhan kekuatan yang ga lebay seperti tokoh Thor, Hercules, Xena, Wonder woman, Jack & the Beanstalk, Tarzan, Mowgli, atau Percy Jackson yang merupakan tohoh mitologi atau dongeng. (Maksudnya ga lebay tuh, satu tokoh kekuatannya tertentu aja, jangan serba bisa. Di sinetron kan gitu).



SUPERHEROINES dari Dongeng/ Sejarah
1, Timun Mas (Jawa Tengah)
Timun Mas berhasil mengalahkan raksasa yang ingin memakannya dengan menggunakan berbagai equipment sihir.
Kalau jadi Superhero:
- Dia bisa donk kalo jadi superhero yang bisa menciptakan tsunami/ badai (di dongengnya dia punya garam ajaib yang bisa menciptakan laut).
- Bisa melemparkan senjata duri (dia punya biji cabe ajaib yang kalo dilempar jadi onak berduri),
- Bisa menciptakan kolam lumpur agar lawannya tersedot ke dalam bumi (ia punya terasi ajaib yang berhasil membuat raksasa tenggelam dalam lumpur.
- Sebenarnya ada satu lagi senjatanya yaitu biji mentimun yang kalo dilempar bisa tumbuh kebun mentimun... Coba pikirkan, enaknya jadi senjata apa ya?
- Timun Mas juga pelari hebat, terbukti meski ia manusia dengan tubuh pendek tapi bisa ga kekejar sama raksasa.
- Dan punya lengan yang kuat, karena semua senjatanya harus ia lempar jauh-jauh.
Cukup sakti kan?


2. Putri Kesupuk (NTB)
Putri Kesupuk berhasil melepaskan diri dari seekor kerbau putih yang ingin menikahinya dan raksasa yang ingin memakannya dengan bantuan para kera hitam.
Kalau jadi Superhero:
- Dia bisa mengendalikan monyet-monyet liar, berarti dia mampu berkomunikasi dengan mereka (ingat tokoh Falcon di Avengers yang bisa berkomunikasi dengan burung hingga ia bisa jadi superhero).
- Dia bisa membuat tiruan dirinya dari tepung dan kunyit sampai-sampai raksasa pun terkecoh. Coba bayangkan dia jadi superheroine yang bisa menggandakan diri.
- Dia mengalahkan raksasa dengan cara menutup gua dengan lumut dan membakarnya. Alangkah saktinya kalau dia jadi superheroine yang bisa membuat lawannya terbungkus lumut lalu terbakar sendiri. Omo...
- Putri Kesupuk pintar bersembunyi dan menyamar, dia juga ahli strategi.
Keren donk!


3. Putri Pinang Gading (Babel)
Putri Pinang Gading asal-usulnya aja udah ajaib. Ia lahir dari dalam sebilah bambu (seperti putri bambu dari jepang). Ia bisa mengalahkan seekor burung besar yang mengganggu desanya dan memangsa orang-orang.
Kalau jadi Superhero:
- Ia pandai memanah. Anak panahnya tak pernah meleset (ingat donk tokoh Hawkeye atau Robin Hood yang udah duluan jadi superhero)
- Panahnya bisa distel sesuai kebutuhan. Bisa jadi beracun untuk membunuh lawan atau hanya biar lawan terluka. Bisa menyemburkan gas/ asap tebal. Kalau menancap di tanah bisa membuatnya belah dan mengeluarkan air yang nyembur dengan kuat.
- Dia sudah pasti memiliki mata yang sangat awas karena bisa membidik dari jarak jauh.
- Pintar membaca situasi, karena kan ga mungkin asal narik busur, harus tahu mana yang akan ia bidik.
Dahsyat ya!

4. Nyai Rambut Kasih/ Ratu Ayu Panvidagan (Jawa Barat)
Nyai Rambut Kasih adalah ratu yang terkenal sangat cantik dan sakti juga adil bijaksana. Memiliki rambut yang sangat panjang dan tubuhnya mengeluarkan aroma wangi.
Kalau jadi Superhero:
- Ketika pasukannya terdesak, Nyai Rambut Kasih membuat semua istana dan kerajaannya menghilang/ kasat mata. Berarti ia juga punya kemampuan menghilang dan bisa menyusup ke suatu tempat tanpa ketahuan.
- Dia memiliki buah Maja sakti yang bisa menyembuhkan banyak penyakit. Berarti heroin ini bisa menyembuhkan dirinya sendiri, dan bisa menyembuhkan orang lain juga dengan ramuan buah majanya.
- Pandai menggunakan senjata pendek seperti keris dan kujang. Beliau kan ratu, jadi dia juga bisa berperang dan pastinya ahli beladiri. Dan karena dia wanita yang tinggal di tanah nusantara, senjata yang ia gunakan adalah asli indonesia.
- Karena Majalengka itu kota angin, Nyai Rambut Kasih bisa meniupkan gelombang angin dingin yang bisa bikin gedung kokoh pun terbang, asyiik.
- Sebagai Ratu dia pandai berdiplomasi, ahli strategi perang, pemimpin yang handal juga pemersatu bagi kelompoknya.
- Seperti Thor, Hercules, Xena dan Wonder woman yang demigod. Ratu di nusantara pun sering dianggap setengah dewi, maka ia pun punya kemampuan berinteraksi dengan dunia di luar bumi.
Di Indonesia mythologi sering bersinggungan dengan kepercayaan, jadi tidak seperti di dunia barat yang dewa-dewinya bisa muncul di bumi tanpa ada pihak yang protes, di Indonesia kalau ada heroine yang diangkat dari legenda seperti ini, pasti akan banyak menuai petuah alias protes :-)

5. Dewi Nawangwulan (DIY)
Dewi Nawangwulan berasal dari kahyangan atau tempat dewa-dewi, semacam Olympus di Yunani. Yang namanya dewi sudah pasti punya kesaktian melebihi manusia.
Kalau jadi Superhero:
- Dia bisa terbang. Udah pasti ya. Berkat selendang ajaibnya (jangan diganti jadi "cape", tar disangka supergirl), ia bisa bolak-balik kahyangan-bumi cuma buat mandi.
- Dalam dongeng dewi nawang wulan bisa masak nasi sebakul hanya dengan sebutir beras. Anggaplah dia superheroines yang kaya raya seperti Batman, Wonder woman, Iron Man atau Mr X. Dia yang mendanai kelompok superhero di Indonesia biar punya markas keren dan perlengkapan yang bisa aja bentuknya tradisional tapi punya kemampuan modern.
- Dia kebal donk. Yang bisa bikin dia mati, hanya senjata dari planet X (kahyangan) nun jauh di sana.
- Senjata utamanya ya jelas selendang. Kalau kena kibasannya, serasa dipukul sama 10 preman berotot. Bisa dipakai buat nangkis peluru dan balikin ke penembaknya. Selendangnya bisa berubah menjadi keras seperti tombak jika ia tusukkan.
Cadasss...!




SUPERHEROES dari Dongeng/ Sejarah
1.  Sangkuriang (Jawa Barat)
Sangkuriang bisa bikin danau Bandung atas permintaan Dayang Sumbi dalam waktu satu malam saja. Berarti sakti banget donk. Meskipun ada banyak juga tokoh dongeng yang memiliki kesaktian serupa seperti: Joko Bandung dengan seribu candi-nya, Perampok sakti yang minta dibuatkan lautan oleh Rara Anteng dan masih banyak lagi. Aku ambil salah satunya yaitu, Sangkuriang.
Kalau jadi Superhero:
- Pelatih bagi superhero dan calon superhero lainnya yang mortal untuk latihan fisik.
- Arsitek dalam kehidupan normalnya di bumi.
- Bisa mengendalikan jin, belum ada superhero yang kayak gini. Atau bisa juga buat dia jadi punya kemampuan telekinetik, karena dia mampu mindahin batu-batu besar untuk membendung air tanpa harus mengangkatnya.
- Ahli beladiri, hand to hand combat atau pakai senjata.
- Karena ia terkenal dengan legenda tangkuban perahunya, kayaknya keren juga kalo dia punya senjata berupa papan surfer yang juga bisa ia pakai untuk terbang atau berselancar di air. Kalau perahu kegedean kan?

2.  Kebo Iwa (Bali)
Panglima perang Bali yang sangat tangguh. Berbadan besar dan tegap. Aku kok bayanginnya kayak Thor ya.
Kalau jadi Superhero:
- Ahli strategi perang yang juga ahli beladiri dan kebal senjata. Dia pernah ditimbun batu-batu besar namun tetap hidup.
- Anggota militer dalam kehidupan normalnya. Jadi dia juga bisa pakai senjata modern.
- Pakai kostum dengan tanduk kerbau di kepalanya. Bisa dipakai untuk menyeruduk dengan kekuatan super.
- Punya senjata berbentuk kampak yang bisa menangkap kekuatan matahari dan bulan.

3. Cindelaras
Pemuda ini besar di hutan dan punya ikatan batin dengan seekor ayam jago. Sebenarnya anak raja tapi dibuang waktu bayi.
Kalau jadi Superhero:
- Dia bisa ngendaliin angin. Dari sepoi-sepoi, semilir sampai puting beliung.
- Seorang peternak ayam di kehidupan normalnya. Jadi dia kaya donk.
- Senjatanya berupa tongkat yang bisa ia pakai untuk bertarung (menangkis, memukul, dll).


4. Lutung Kasarung/ Sanghyang Guruminda (Jawa Barat)
Seorang dewa yang immortal sama seperti dewi Nawangwulan.
Kalau jadi Superhero:
- Pakai kostum hero seperti lutung karena kan namanya juga Lutung kasarung.
- Normalnya cheff di sebuah resto terkenal. Jadi dia juga pandai melempar pisau. Saat ga lagi bertempur, dia pinter masak makanan enak (kan pernah nolongin Dewi Purbasari, pacarnya, saat lomba masak lho!).
- Bisa naik-naik atau loncat-loncat dari gedung ke gedung (kan ga mungkin di kota loncat di pohon)
- Punya kekuatan untuk mengendalikan tumbuhan, misalnya suruh mukul orang, ngiket orang, numbuh cepat atau apalah apalah...
- Dia ganteng banget, jadi kalau ketemu lawan cewek ga bakalan ada yang tega bunuh dia...hadeuuuh
- Sudah pasti senjata bumi tidak akan ada yang sanggup mampir ke dalam tubuhnya. Tidak terkena penyakit bumi dan ga bisa mati serta kuat luar biasa.


5. Si Kelingking (Riau)
Tokoh ini berperawakan kecil sekali, hanya sebesar kelingking tapi memiliki kekuatan luar biasa.
Kalau jadi Superhero:
- Klau lagi normal dia adalah seorang pelajar yang genius. Ahli meretas komputer.
- Jadi mirip Ant Man donk. Bisa masuk ke lubang-lubang kecil dan bisa ditugasin bunat menyusup ke pangkalan rahasia.
- Meski kecil, dia bisa mengangkat benda yang beribu kali berat tubuhnya.
- Punya kekuatan roket. Bisa melaju dengan kecepatan tinggi hingga bisa nembus tembok dan hanya menyisakan lubang kecil (temboknya ga rusak, tapi juga bukan menembus dinding.)
- Senjatanya apa ya? Bagaimana kalau sumpit keciiiil banget yang bisa muntahin jarum-jarum kecil. Saking kecilnya, ga kelihatan sama lawan, tau-tau udah pingsan.

6. Si Pitung (DKI Jakarta)
Oh, kalau tokoh satu ini seharusnya dah banyak yang kenal. Sudah sering difilmkan juga. Pemuda Betawi yang gigih melawan penjajah. Berkostum betawi lengkap dengan peci, sarung dan golok.
Kalau jadi Superhero:
- Selain jagoan silat pastinya. Kebal. Kuat fisiknya. Dia punya golok sakti yang ga bisa rusak.
- Jago tembak dengan senapan pendek juga, kan udah latihan sama Belanda :-)
- Bisa memanipulasi pikiran orang sehingga ia bisa tidak terlihat.
- Punya kekuatan menidurkan orang, sehingga bisa melumpuhkan lawan tanpa harus banyak korban.
- Di kehidupan normalnya, ia juragan kos-an dan juga pemilik sekolah buat mendidik calon-calon superhero.
Sweeeet!!!

7. Si Pahit Lidah
Sebenarnya dia punya kekuatan yang agak ngeri kalau di dongengnya. Apa yang dia ucapin jadi kenyataan. Kalau dia bilang "Batu lo!" Jreeng....kamu jadi batu.
Kalau jadi Superhero:
- Kemampuan wajib superhero adalah punya fisik kuat, tapi dia mah ga usah aja. Dia hanya perlu bertempur dari jarak jauh.
- Bagaimana kalau punya teriakan super ya! Jadi dia bisa punya suara normal, suara teriakan yang bisa jadi penghancur saat diarahkan ke suatu obyek, suara ultrasonik dan infrasonik yang bisa jadi radar (mirip x-man ya....coba diperbaiki!)
- Bisa ngubah lawan jadi batu untuk sementara. Kalau keterusan dia jadi penjahat donk.
- Di kehidupan normalnya, dia seorang ahli membuat senjata.

8.  I Laurang (Sulsel)
Seorang pemuda berkulit udang yang bisa hidup di darat dan di air.
Kalau jadi Superhero:
- Saat di darat dia manusia biasa yang juga harus jago-lah beladiri yang menggunakan tangan.  Kakinya ga kuat kalau buat nendang. Karena itu ia pakai sepatu yang bisa bikin ia lari di darat.
- Saat di air, kulitnya otomatis terbungkus kostum seperti cangkang udang. Bisa berenang atau melesat di air dengan cepat.
- Bisa menyemprotkan air dari badannya dan juga mengendalikan gelombang atau arus air.
- Senjatanya adalah permata udang yang ia pakai sebagai cincin dan bisa membidikkan sinar yang membuat lawannya berubah jadi lendir...ihhh!
- Kehidupan normalnya adalah ahli perikanan tapi dia ga boleh nyelem di air kalo ga mau berubah jadi makhluk udang.
***

Susah juga ya ternyata bikin superhero. Dan kayaknya aku tetep terpengaruh sama kekuatannya Avengers hehe... Hmm senggol siapa ya yang mau bikinin komiknya. Siapa yang mau revisi?


No comments:

Post a Comment