POJOK BELANJA

Saturday, May 7, 2016

Auoooo!!! Tarzan vs Mowgli

Yo yo yo....Let's go to the Jungle!!!

Pasti udah pada nonton film The Jungle Book di bioskop kan? Kisah Mowgli yang baru ataupun versi film animatednya beberapa tahun yang lalu. Udah pada kenal juga kan sama Tarzan si raja rimba? Nanti filmnya juga akan tayang lagi di bioskop tahun ini. Siapa yang lebih kamu suka...Mowgli apa Tarzan?
Kedua cowok yang tinggal di hutan ini, sama-sama dibesarin sama kelompok hewan dan sama-sama punya musuh besar seekor harimau (Shere Khan musuhnya Mowgli dan Sabor musuh bebuyutannya Tarzan). Satu lagi persamaannya, yaitu mereka sama-sama diproduksi oleh Disney.
Film Mowgli yang baru (2016) sukses jadi box office di seluruh dunia, akankah film Tarzan yang baru akan tayang juga akan ngehits?

Mau ga kamu aku ajak kenalan dengan kedua tokoh hutan ini? So, buruan cari dahan pohon terdekat n dengerin curhatan mereka!
Tak kenal maka tak sayang, itu kata pepatah. Bagi yang lahir sebelum tahun 90-an, pasti sudah kenal banget sama keduanya. Karena mereka sudah dibuatkan filmnya berkali-kali oleh Disney, baik yang animasi maupun yang live. Tapi buat anak-anak generasi Y, rasanya perlu juga baca tulisan ini. Siapa tahu ada yang ketuker antara Mowgli sama Tarzan hehe...ga mungkin ya :-D

So Cekidot...

Pengarang Tokoh
~ Pencipta tokoh Mowgli adalah Rudyard Kipling dalam bukunya "The Jungle Book 1&2" ( sedangkan tokoh Tarzan diciptakan oleh Edgar Rice Burroughs dalam novelnya "Tarzan of The Apes" (1912) 

Seting Tempat
~ Meski sama-sama di hutan, Mowgli tinggal di tengah hutan yang terdapat di India sedangkan Tarzan di belantara Afrika.

Orang Tua Asuh
~ Mowgli diasuh oleh sekawanan serigala pimpinan Akheela sedangkan Tarzan oleh sekelompok Gorila bernama Mangani. Ibu asuh Mowgli bernama Raksha. Ibu asuh Tarzan bernama Kala.

Awal Kisah
~ Dalam cerita asli bukunya Mowgli ditemukan oleh Bagheera (black panther) di atas perahu sendirian lalu membawanya ke tengah kawanan serigala untuk diasuh (di film terbaru Bagheera menemukan Mowgli di dalam gua). Bayi Tarzan dan kedua orang tuanya sedang dalam perjalanan di Afrika ketika perahunya kandas dan terpaksa harus tinggal di hutan. Orang tuanya kemudian tewas dibunuh oleh harimau bernama Sabor dan Tarzan diselamatkan oleh Kala.


Teman-teman
~ Mowgli dan Tarzan mendapatkan banyak kasih sayang di dalam hutan, karena hal itu pula mereka menganggap hutan adalah rumah mereka. Mereka mencintai dan dicintai kawanannya dan memiliki sahabat-sahabat karib. Mowgli berteman dengan Baloo si beruang madu yang pemalas dan Bagheera si black panther. Tarzan berteman karib dengan Terk, seekor gorilla cewek yang narsis dan Tantor si gajah yang penakut serta tentu saja Jane.

Sentral Cerita
~ Kisah Mowgli berpusat saat Mowgli berusia sebelum remaja alias masih anak-anak. Sementara meski ada sepenggal kisah Tarzan di masa kecilnya, kisahnya sendiri berpusat saat Tarzan dewasa.

Petualangan
~ Mowgli dan Tarzan sama-sama petualang dan pemberani karena harus bertahan hidup di hutan yang notabene bukan habitatnya. Sering diintimidasi karena berfisik beda namun akhirnya dihormati karena kebisaannya.
Perbedaannya adalah Mowgli harus berpetualang karena harus bertahan hidup dari kejaran musuh besarnya Shere Khan. Sementara Tarzan telah dianggap sebagai raja hutan dan petualangannya adalah untuk melindungi kelompoknya atau bahkan seisi hutan dari para pengganggu terutama manusia yang ingin merusak hutan.




Musuh
~ Musuh utama Mowgli adalah Shere Khan seekor harimau belang yang sangat ditakuti di hutan. Selain itu ada King Louie si Gorilla dan Kaa si ular.
~ Musuh utama Tarzan adalah Sabor yang juga adalah macan belang yang sudah membunuh ibu bapaknya. Selain itu jugaada Clyton, pemburu yang ingin memburu gorilla untuk diperdagangkan.

Cara Mengalahkan Lawan
~ Mowgli menggunakan akalnya saat menyelamatkan diri sedangkan Tarzan karena dia adalah pemuda dewasa, dia juga menggunakan kekuatan dan keahlian bertempurnya untuk mengalahkan lawan. Saat menyelamatkan diri, Mowgli dibantu oleh sekelompok teman yang melindunginya, sementara Tarzan bisa mengandalkan kekuatannya sendiri dengan sedikit bantuan dari teman-temannya.

Girlfriend?
~ Tarzan adalah  pemuda dewasa, saat bertemu dengan Jane yang tersesat di hutan ia pun jatuh cinta (menganggap Jane satu-satunya gorilla yang tidak berbulu, sama sepertinya).
Mowgli bertemu gadis kecil dari desa pinggir hutan yang sedang mengambil air dan ia pun tersipu (dia masih kecil kan...)

Akhir Cerita
~ Meskipun kisah akhirnya berbeda, tetapi mereka sama-sama berakhir di tempat yang seharusnya.
Mowgli adalah seorang anak kecil yang perlu perlindungan. Itu sebabnya Bagheera begitu ngotot ia harus kembali ke desa, berkumpul dengan manusia, karena dengan begitu ia terlindungi.
Tarzan adalah raja Rimba. Meski ia sempat kembali dan tinggal di London, suara hatinya tidak bisa menerima. Maka memang tepat kalau ia meyakinkan keluarga barunya (Jane) untuk tinggal bersamanya di dalam hutan.

Dance Dance Dance!!!
~ Sayangnya di film Mowgli yang baru tidak ada adegan dia menari bersama Baloo, meskipun lagunya tetap ada. Tapi aslinya Mowgli pintar menari, seperti halnya orang India :-)
Sebaliknya Tarzan is a disaster dancer. Mungkin setelah lama tinggal di Inggris akhirnya dia bisa berdansa juga. Atau perlu berguru dulu sama Baloo???


Ok my dearest paws... sekian dulu pertemuan kita kali ini. You have to give me some honey cause i have to go to hibernate...



No comments:

Post a Comment