POJOK BELANJA

Thursday, June 2, 2016

Traveling ke LN? Ke Mekah yuk!

Assalamualaikum. Semangat pagi..

Wah udah lama juga ga nyentil blog tercinta nih. Kalau lagi kumat malesnya, kayaknya ga ada tenaga buat gerakkin jari di atas keyboard. Berhubung hari ini lagi ada secercah semangat dan juga udah menjelang Ramadhan (ngaruh ya?), ada baiknya duduk manis depan laptop n ngucapin "Marhaban yaa Ramadhan, Mohon maaf Lahir dan Bathin buat semuanya. Semoga Puasa dan Ibadahnya lancar, dan menjadi tabungan amal kita kelak. Aamiin."

Menjelang Ramadhan ini apa sih yang disipain teman-teman semua? List menu sahur-buka, pasti. Stok kurma, es batu, sirup, bahan makanan segar di kulkas, makanan beku dan lauk kering, jelas. Pesen kue Lebaran, meski masih jauh tapi biasanya dah mulai ya hehe...termasuk beli baju lebaran juga, biar ga lemes kalo mesti ngubek-ngubek mall. Beda lagi dengan beberapa temanku yang menjelang Ramadhan dan selama Ramadhan nanti mereka sudah, sedang dan akan bertraveling ke Luar Negeri. Woww...
Gambar dari sini


Eiitsss....Tapi bukan traveling ke Eropa atau backpackeran ke Amerika yang sekarang lagi summer lho. Temen-temenku ini traveling ke Mekah-Madinah buat melaksanakan Umrah. Ughh...mauuu!!! Ini adalah destinasi yang dari dulu pengen banget aku datengin tapi belum kesampaian. Biasa-lah banyak banget alasannya.

Karena Umrah itu berhubungan dengan ibadah, alasan klasikku adalah belum siap: masih banyak dosa >.<  Lucu ya! Padahal katanya orang ber-Umrah itu, kalau niatnya betul, dosanya diampuni dan dia terlahir bersih laksana bayi. Harusnya aku malah mesti wajib pergi donk.
Alasan kedua yang aku banget adalah karena aku anemia akut! Tar kalo aku pingsan gimana? Pasti capek kan harus jalan jauh ke Mesjid, lari-lari kecil keliling Kabah atau bolak-balik Safa Marwah. Padahal ya....*bisik-bisik! Sebelum aku pergi ke Jepang dan Korea kemarin, aku bela-belain transfusi darah biar kuat jalan kaki...oh betapa dustanya T_T
Alasan lainnya, yang merupakan alasan paling umum dan legal adalah ga punya uang, belum punya uang dan dananya belum siap. Benarkah? Untuk kasusku sih, Ga Benar. Bukan berarti sekarang aku punya uangnya, atau punya dana lebih ya. Tapi, sebenarnya dana itu bisa diusahakan. Seandainya aku ga beli alat-alat kosmetik yang ujung-ujungnya ga kepake, uangnya bisa aku sisihin untuk biaya Umrah. Seandainya aku ga harus nonton semua film yang aku mau (cukup pilih beberapa), berarti ada beberapa puluh ribu yang bisa aku sisihin buat biaya Umrohku. Kalau aku batasin jatah makan di "luar"-ku dan aku ganti masak di rumah yang lebih sehat, mungkin ada sisa dana juga buat aku alihin ke dana Umrah. Dan kalau niat pergi backpacker kemana-mananya aku tunda dulu, dana Umrohku mungkin akan lebih cepat terkumpul. Apalagi kalau ga harus beli handphone terbaru, jajan yang cuma buat dipost di IG atau Path, beli baju tiap mau kondangan...beuuuh banyak ternyata. Gimana ga kalah sama tukang sayur yang bisa pergi ber-Umroh/Haji duluan.

Sekitar sebulan yang lalu, ada temanku yang nama depannya sama banget ma aku, nantangin aku untuk berangkat Umrah tahun depan, tepatnya 27 Februari 2017. Aduuuh takutnya...
Balik lagi ke berbagai alasan tadi. Aku belum punya dana untuk Umroh tersebut. Terlebih lagi aku baru berhenti bekerja dan sudah jelas ga punya pemasukan tetap. Kebayang di mataku nilai dollar yang harus aku siapkan. Meskipun begitu, aku percaya Alloh Maha Pemberi Rezeki. Jika Dia sudah memanggilmu untuk menjadi tamu di rumah-Nya, alasan dan rintangan apapun pasti bisa diterjang (membesarkan hati sendiri).

Temanku itu sudah pergi dua kali. Pertama karena jadi jamaah dan kedua bawa jamaah. Travel yang memfasilitasinya bernama PT. Arminareka Perdana yang kantor pusatnya ada di Salemba, Jakarta (aku sambangin kantornya 2 minggu yang lalu, karena pengen yakin aja). Sebenarnya aku sudah denger travel Umrah/Haji ini sejak 6-7 tahun lalu, karena pernah ada yang nawarin juga. Tapi ya karena banyak alasan itu, kesempatan pergi pun melayang sudah (Alasan klasik: karena belum terpanggil, padahal waktu itu posisiku sedang bekerja dan punya penghasilan tetap, hiks!). Mendengar pengalaman temenku saat ber-Umroh, wah...rasanya penyesalanku semakin hebat. Apalagi saat ini, satu lagi temanku, Elfia, juga sedang berada di Tanah Suci. BBM-nya setiap hari bikin aku cemburu.... Aku wanti-wanti supaya manggil namaku disana (katanya insyaa Alloh bisa ikut terpanggil juga, aamiin!)

Khusus yang ikut ber-Umroh/ Haji dengan Arminareka ini, fasilitasnya sangat oke menurutku. Tentu saja harganya juga sedikit tinggi, tapi sangat menguntungkan buat yang mau fokus ibadah. Toh, sesuai janji Alloh, biaya yang kita keluarkan untuk Umrah/Haji pasti akan diganti berkali lipat, insyaa Alloh.
Pertama, karena pesawatnya ga harus transit dimana-mana. Langsung! Waktu penerbangan jadi lebih singkat. Sehingga cocok buatku yang takut naik pesawat, ga bisa tidur di pesawat, cepet pusing dan juga cepet pegel.
Kedua, karena pilihan hotelnya yang dekat sekali dengan tempat Ibadah. Bahkan temanku menginap di hotel Zam-Zam yang pintu lift-nya langsung menuju pintu Masjid. Wah... Buatku yang gampang putus nafasnya, bisa menghemat banyak sekali energi.
Ketiga, karena perusahaannya jelas, terdaftar di Depag, sudah tua berdirinya, dan sudah terbukti ga pernah gagal memberangkatkan jamaah. Salah satu kekhawatiran kita sebagai calon jamaah Umrah/Haji adalah gagal berangkat karena travel-nya abal-abal. Padahal biaya buat pergi ke Tanah Suci kan mahal bingits... Ada bahkan yang sampai mengorbankan semua uangnya. Jadi kalau ada travel yang nipu...aduuuh...TERLALU!


Keempat, karena meskipun aku percaya sama temanku buat nitipin uang pendaftarannya, tapi akan lebih bagus lagi kalau kita bisa langsung transfer ke perusahaan travelnya tanpa perantara. Meminimalisir terjadinya perang saudara kalau-kalau ada uang yang tercecer hehe... Lagipula kan pembayarannya bisa dicicil semampunya sampai lunas, bisa aja kan beda perhitungan ^_^
Kelima, karena semua jamaah Arminareka yang sudah bayar DP, mendapatkan hak usaha. Artinya, dia bisa memulai usaha travel Umrah/ Haji sendiri dengan pendampingan dari pihak Arminareka. Itu boleh dipakai atau dilupakan sih. Buat yang suka bisnis, ini mungkin sebuah peluang yang bagus. Bayangkan, berapa banyak orang yang kayak aku, belum Umrah/Haji, dan pengen, dan sedang galau, dan tapi pengen banget pergi.....ohhh!


Nah, sekarang tinggal berdoa, berjuang sekuat jiwa, bekerja smart dan berpasrah diri supaya bisa terpanggil ke Tanah Suci untuk Umrah/Haji, bisa sehat lahir dan bathin, dan supaya dapet temen saat berangkat nanti. Aamiin.

Hmmm....seandainya ada yang tertantang untuk traveling Umrah/Haji bareng aku, boleh add pin BB-ku: 75D3436C atau sms: 0822-9851-8363 ya. Mudah-mudahan bisa berangkat bareng :-)
FB: Umroh Bareng Yuk
***

No comments:

Post a Comment